AMALIAH RAMADHAN 1443 H MI MA’ARIF SUROTRUNAN

 

Seluruh kegiatan Amaliah Ramadhan MI Ma’arif Surotrunan telah selesai dilaksanakan. Selama Bulan Ramadhan, MI Ma’arif Surotrunan tetap melaksanakan PTM seperti biasa dengan waktu pembelajaran mulai Pukul 07.30-11.00 WIB. Selain pembelajaran seperti biasa dilaksanakan juga kegiatan amaliah Ramdhan dengan jadwal tersendiri. Kegiatan amaliah Ramadhan tahun ini meliputi kegiatan safari sholat dhuha, tadarus Al-Qur’an, buka bersama dan kegiatan baksos untuk wali murid dan masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Kegiatan safari sholat dhuha dilaksanakan ke beberapa masjid atau mushola di lingkungan sekitar desa Surotrunan. Untuk MI atas, safari sholat dhuha dilaksanakan di 3 tempat yaitu Mushola Al Ikhsan, Masjid Al Irsyad, dan Mushola Bapak Kyai Mustofa. Untuk MI atas setiap safari sholat dhuha diikuti oleh seluruh siswa. Sedangkan untuk MI bawah, safari sholat dhuha dilaksanakan di mushola Al Barokah, Masjid Nurussalam, Masjid Subulussalam, Masjid Baitul Barokah dan Masjid Jami' Penajung. 

Untuk MI bawah safari sholat dhuha dikerjakan dengan dibagi 2 kelompok dalam setiap tempat, sehingga bergantian pelaksanaannya. Mushola Al Barokah dan Masjid Subulussalam dengan peserta siswa kelas 1,2,dan 4. Masjid Nurussalam dan masjid Baitul Barokah peserta kelas 3 dan 5. Sedangkan di Masjid Jami Penajung peserta kelas 1-6. Untuk petugas sebagai imam sholat dhuha dan kultum terjadwal secara bergantian dari dewan guru.

Kegiatan tadarus Al Qur’an dilaksanakan oleh siswa kelas 4-6 dengan pembagian kelas 4 tadarus dari juz 1-10, kelas 5 tadarus juz 11-20 dan kelas 6 tadarus juz 21-30. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 9-14 April 2022. Tadarus dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.

Kegiatan buka Bersama dilaksanakan pada tanggal 14 April 2022 untuk MI bawah yang diikuti siswa kelas 3-6. Sebelum buka Bersama diisi dengan kultum. Setelah buka Bersama kegiatan dilanjutkan dengan sholat maghrib dan sholat tarawih berjamaah. Kegiatan buka Bersama di MI atas dilaksanakan pada tanggal 23 April 2022, sama seperti di MI bawah kegiatan diikuti oleh siswa kelas 3-6, dan kegiatan hingga sholat tarawih berjamaah.

Untuk kegiatan baksos setiap siswa diharapkan mengumpulkan sembako berupa 2 (dua) kaleng beras, 3 (tiga) bungkus mie instan, 1 (satu) sachet kopi, ¼ kg gula pasir. Sembako yang dibagikan untuk setiap yang membutuhkan berupa gabungan dari 2 (dua) kresek sembako yang dibawa siswa, yaitu 4 (empat) kaleng beras, 6 (enam) bungkus mieinstan, 2 (dua) sachet kopi dan ½ kg gula pasir.

Seluruh kegiatan amaliah Ramadhan dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa siswa-siswi MI Ma’arif Surotrunan dan sebagai pengalaman bagi siswa. Alhamdulillah seluruh kegiatan telah dilaksanakan dengan berjalan dengan lancar dan seluruh siswa antusias terhadap semua kegiatan. Orang tua dan wali juga mendukung seluruh kegiatan amaliah Ramadhan.


Subscribe to receive free email updates: