JAMBORE PENGGALANG TK. KWARRAN ALIAN MI MA’ARIF SUROTRUNAN



Pada hari Jum’at - Minggu, 12-14 Agustus 2022 Kwarran Alian mengadakan kegiatan Jambore Penggalang yang berpangkalan di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD & MI), dengan nama kegiatan“ JAMBORE PENGGALANG SD/MI” Tahun 2022.


Jambore Pramuka Penggalang SD/MI adalah kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk Perkemahan besar Pramuka Penggalang SD/MI sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang SD/MI yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan dan perdamaian. 


Dalam pelaksanaan Jambore Penggalang SD/MI ini meskipun Pandemi Covid 19 menunjukan trend yang makin membaik, namun kewaspadaan dan penerapkan protocol kesehatan tetap harus diterapkan dengan baik dan mematuhi semua aturan yang diterapkan panitia. 



Kegiatan Jambore Kwartir Ranting Penggalang SD/MI bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Satya Darma Pramuka. 


Nama kegiatan ini adalah :” JAMBORE PENGGALANG SD/ MI KWARRAN ALIAN 2022 ”, Tema ” SEHAT – GEMBIRA – BERKARYA ”, serta dengan Motto kegiatan Jambore Penggalang SD/ MI Kwarran Alian 2022 adalah : “SATYAKU KU DARMAKAN, DARMAKU KU BAKTIKAN”.  Kegiatan ini bertempat di Lapangan Desa Wonokromo Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. 



MI Ma’arif Surotrunan mengirimkan 1 (satu) regu putrid dengan nama regu Flamboyan yang terdiri dari siswa putrid kelas VI (enam) yang berusia penggalang berjumlah 10 (sepuluh) siswa. Kegiatan dimulai pada hari Jum’at pagi untuk pendirian tenda dan menata kelengkapan perkemahan. Kegiatan upacara pembukaan dilaksanakan sekitar pukul 14.00. 


Kegiatan Jambore Penggalang SD/MI Tahun 2022

1.      Kegiatan Umum

a.       Keagamaan/peribadatan

·         Sholat berjamaah

b.      Kegiatan Upacara

·         Upacara Pembukaan Jambore

(upacara hari pramuka dan upacara penutupan ditiadakan karena cuaca dan lokasi yang kurang mendukung)

c.       Pionering

d.      Kegiatan Api Unggun dan Pentas Seni Tari

e.       Pertendaan/ Korve

f.       Permainan Besar

g.      Hasta Karya

h.      Penyajian Kudapan/Snack dan minum

i.        Bakti Sosial

j.        Bakti Masyarakat

2.      Kegiatan Penjelajahan

a.       Meniti/keseimbangan

b.      Semapore

c.       Morse

d.      Kim Penciuman

e.       Sandi Ular

f.       Yel-yel

g.      PBB

h.      PU Kepramukaan

i.        Drakbar

j.        Bumbung social


Seluruh kegiatan Jambore dapat dilaksanakan dengan baik. Manfaat kegiatan Jambore bagi siswa yaitu menambah pengalaman siswa serta keterampilan siswa, selain itu juga menambah teman dari berbagai sekolah. 

Subscribe to receive free email updates: