Mengenalkan IT Sejak Dini Dalam Pembelajaran

Pengenalan Ilmu Teknologi dalam pembelajaran merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran. Anak diperkenalkan sejak dini yaitu dimulai dari Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah(MI) dengan memanfaatkan kemampuan anak dalam kepiawaiannya menggunakan gawai dan kesukaan anak dalam mengakses hal - hal yang disajikan dalam internet. Hal ini akan berpengaruh besar terhadap keberhasilan pembelajaran yang akan dicapai.

Setiap anak memiliki kesukaan terhadap produk teknologi yang bervariasi yang dapat diakses melalui gawai digital (Handphone). Kemampuan dalam menggunakan gawai tersebut menjadi modal dasar untuk lebih mudah mengenalkan anak dan berinteraksi dengan teknologi yang lebih canggih dan bervariasi dalam kegiatan pembelajaran. Namun, kadar kesukaan anak terhadap konten tertentu yang disuguhkan gawai tersebut berbeda–beda, hal inilah yang menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dan diarahkan. Kendati banyak konten–konten aman yang bisa diakses melalui gawai tersebut, tetapi untuk usia SD/MI perlu pengarahan dan bimbingan. Untuk itu, dalam proses pembelajaran, pemanfaatkan IT akan mampu menambah daya tangkap dan pemahaman anak terhadap materi pembelajaran yang sedang disampaikan.

Proses pembelajaran yang mampu menarik minat anak adalah pembelajaran yang menyenangkan, kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dapat dilakukan dengan kreatifitas dan variasi dari guru melalui pemanfaatan IT. Contoh kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan IT antara lain dengan mengajak anak untuk mencari materi yang sedang dipelajari melalui internet bersama–sama. Anak diberi kesempatan untuk mengakses video pembelajaran, gambar–gambar, permainan, atau hal lain yang menurut anak terlihat menarik yang berkaitan dengan materi tersebut. Banyak hal yang akan diperoleh anak yang dapat diambil dijagadmaya. Anak akan mendapatkan ilmu yang lebih luas, tidak hanya materi yang disajikan di dalam buku saja, akan tetapi anak akan memperoleh hal yang lebih yang tidak akan pernah kita bayangkan sebelumnya. Karena kemampuan anak dalam berselancar di dunia maya sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Hal tersebut dapat kita manfaatkan untuk memberikan kesempatan kepada anak agar terus menerus menggali ilmu sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya. Inilah pentingnya mengenalkan IT sejak dini kepada anak.

Kegiatan berselancar di dunia maya akan membuat anak lebih tertarik dan tertantang dalam menyelesaikan masalahnya sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Tentunya guru harus mendampingi anak dalam mengakses internet tersebut agar anak lebih mudah mengoperasikannya dan tentunya akan lebih canggih dalam penggunaan IT. Selain itu anak lebih terfokus pada apa yang dibutuhkan dan tidak mengakses hal–hal yang tidak baik atau tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Guru dapat menginstal aplikasi tertentu untuk mengenalkan IT kepada anak. Misalkan dalam kegiatan pembelajaran pengenalan huruf atau membaca dasar, guru dapat menginstal aplikasi baca buku digital. Penggunaan aplikasi tersebut akan menarik perhatian anak untuk mengetahui hal-hal yang baru, tidak sekedar hanya penulisan di papan tulis saja. Aplikasi yang menarik akan berpengaruh terhadap minat anak dalam belajar. Kebutuhan anak akan pentingnya sesuatuhal yang menarik dan menyenangkan harus menjadi fokus guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan sesuai kebutuhan zaman.

Pengenalan Ilmu Teknologi dalam pembelajaran akan menyiapkan anak untuk menghadapi tantangan zaman yang terus berubah. Pada akhirnya, anak harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin maju dengan penggunaan ilmu teknologi yang semakin berkembang pesat dan maju. Dengan pendampingan guru dan memberikan kesempatan kepada anak berselancar di dunia maya, mengakses hal-hal yang menarik dan dibutuhkan, pembelajaran akan lebih mengena dan terarah. Anak akan lebih tertarik dan lebih senang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang hamper dilaksanakan setiap hari.

Siti Alfiah,S.Pd.I 
Guru di MI Ma’arif Surotrunan, Kecamatan Alian.

Subscribe to receive free email updates: